Minggu, 30 Oktober 2011

DEFENISI INTERNET MARKETING


InternetMarketing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan melalui media Internet dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.  Mungkin kita sudah pernah mendengar tentang Internet Marketing dari Internet, baca di buku, majalah ataupun dari informasi teman, dan beberapa para marketer di antaranya mengklaim bisa kayadari Internet Marketing.

Tapi pertanyaannya, apakah semudah itu memperoleh kekayaan lewat Internet?

Ya, tentu saja mudah kalau Anda tahu trik yang sebenarnya, dan sulit bahkan sangat sulit bagi yang tidak memahami dan mempelajarinya. Sebagai contoh kalau kita menaiki kendaraan seperti sepeda, sepeda motor ataupun mobil, tidak bisa hanya sekadar kita tahu teori saja. Harus dicoba dan dipraktekkan sampai ketahap bisa, mahir, dan sangat mahir.

Menurut salah satu buku yang saya baca, dalam dunia Internet Marketing, pihak yang berperan penting dalam perputaran uang di Internet yang kemudian Saya sebut dengan Internet Marketing Triangle (IMT)yaitu,  Market,Vendor, dan Affiliate.



Sebelum memulai petualangan Internet Marketing yang penuh sensasi, Anda harus memilih untuk berada di sudut Internet Marketing Triangle (IMT) sebelah mana? Apakah menjadi Market, menjadi Vendor, atau menjadi Affiliate ataupun bisa menjadi ketiganya.


Market adalah tempat berkumpulnya para calon pembeli/prospek, Vendor adalah pihak yang membuat produk/jasa untuk dipromosikan oleh Affiliate ke Market, dan Affiliate adalah perantara yang menjual produk/jasa dari Vendor langsung ke Market.
 
Market bisa mendapatkan uang dari hasil pemasangan iklan dari Affiliate.Vendor mendapatkan uang dari penjualan yang dilakukan oleh Affiliate. Dan Affiliate mendapat uang dari komisi yang diberikan oleh Vendor. Jadi ketiganya bisa saling kerja sama.

Tugas utama Market adalah menyediakan calon pembeli. Tugas
utama Vendor adalah memproduksi produk/jasa. Dan tugas utama
Affiliate adalah menjual produk/jasa ke tangan calon pembeli.


Nah sebagai pemula Pilih salah satu tugas yang Anda inginkan dan sesuai dengan kepribadian Anda. Jangan salah pilih karena kalau tidak suka, maka akan berat untuk dijalani. Tidak perlu melakukan ketiga tugas tersebut sekaligus. 

Pilih satu tugas lalu biarkan sudut lain yang melakukan tugasnya untuk memperingan tugas Anda. Cara ini lebih efektif dan efisien daripada harus melakukan semuanya sendiran. Anggaplah ini sebuah teamwork.

Anda juga harus menyadari dan mempelajari apa saja yang dibutuhkan untuk sukses di tiap sudut bagian dari segitiga Internet Marketing Triangle (IMT). Untuk sukses sebagai Market ada ilmunya sendiri, untuk sukses sebagaiVendor juga ada ilmunya sendiri, dan sebagai Affiliate juga ada ilmunya tersendiri.

 Sebagai contoh, misalkan Anda ingin fokus menjadi seorang Affiliate maka keterampilan yang harus dipelajari dan ditekuni adalah keterampilan untuk menjual, bukan keterampilan untuk menarik pengunjung yang merupakan ilmu yang harus dikuasai seorang Marketer.
Intinya, tiap sudut Internet Marketing Triangle (IMT) memiliki ilmunya sendiri-sendiri. Jangan sampai dicampuradukkan karena akan sangat membingungkan.
Jangan seperti Ayu Ting-Ting dalam lagu Alamat Palsu, yang kebingungan mau kemana ,di mana dan bagaimana....he....he...


Dan inilah yang sering terjadi kepada banyak Internet Marketer Pemula, yang mengakibatkan mereka tidak fokus yang pada akhirnya menganggap Internet Marketing terlalu rumit.

Atau, mereka mencoba melakukan ketiganya sehingga kelelahan di
tengah jalan dan mengambil kesimpulan Internet Marketing terlalu
berat dan malah menyerah untuk melanjutkannya.


Pada  artikel postingan berikutnya akan Saya bahas satu per satu ilmu-ilmu dari tiap sudut Internet Marketing Triangle (IMT) mana yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.

Sehingga Anda bisa lebih mantap memilih di sudut mana dari Internet Marketing Triangle (IMT).untuk diseriuskan, fokus dan mulai ditekuni.

Bisa salah satu, bisa dua, atau kalau Anda suka tantangan, Anda bisa memilih di ketiga sudut dari segitiga IMT sekaligus, yakni sebagai Market, Vendor dan juga sebagai Affiliate.

Kalaupun Anda ingin menguasai ketiganya, Saya sangat sarankan untuk mulai sebagai Market dahulu. Setelah itu Vendor, dan kalau sudah mahir, baru Anda menjadi Affiliate.

Alasannya, kenapa harus Market dulu ? Karena kalau Anda sudah mahir mendatangkan banyak pengunjung ke website Anda maka uang akan datang dengan sendirinya. Contohnya, Anda mempunyai website iklan baris yang mampu menyedot pengunjung 10.000 orang perhari. Cepat atau lambat, para Affiliate akan datang untuk memasang iklan di website Anda, dan akhirnya Anda mendapatkan uang dari si pemasang iklan setiap bulan secara passive income.
 
Setelah mahir menjadi Market, barulah Anda bisa menjadi Vendor,
karena sudah mempunyai pengunjung yang sangat banyak ke
website Anda. Maka sangat mudah untuk mengumumkan produk/
jasa Anda kepada para calon Affiliate di antara 10.000 orang yang
sebelumnya sudah setia datang ke website Anda setiap hari.


Misalkan ada 1000 orang tertarik menjadi Affiliate yang mau mempromosikan produk/jasa milik Anda. Maka Anda akan mendapatkan passive income setiap bulan dari hasil penjualan yang dihasilkan dari para Affiliate Anda tersebut.Tentunya sangat menguntungkan bukan ?

Setelah Anda mengumpulkan banyak sekali uang dari hasil menjadi
Market dan Vendor, saatnya Anda menginvestasikan uang Anda
tersebut untuk biaya mempromosikan produk/jasa orang lain sebagai
Affiliate.

Kenapa harus mengeluarkan biaya? Karena kalau Anda serius ingin mendapatkan uang yang cukup sebagai Affiliate, mau tidak mau Anda harus memasang iklan berbayar di website yang sangat populer dan sangat amat banyak pengunjungnya, seperti Google, Yahoo, Live, Facebook dan sebagainya. 

Di sinilah Anda akan mendapatkan Multiple Massive Passive Income yang sangat luar biasa banyaknya.

1.Market

Market adalah pasar, yakni tempat berkumpulnya para calon pembeli yang ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan di Internet. Di sinilah tempat di mana Anda bisa menawarkan sebuah
produk atau jasa. Beberapa contoh website Market adalah sebagai
berikut.




Facebook adalah website Social Networking yang sangat populer
belakangan ini. Di website ini, Anda bisa melihat berita tentang
bagaimana keadaan teman-teman Anda, sedang apa mereka saat
ini, kemarin melakukan apa dan lain-lain.



Selain itu, Anda juga bisa bermain games bersama, berbagi photo,
video, cerita, link-link website dan banyak lagi. Pada saat  ini
dibuat, pengguna Facebook sudah mencapai 35 juta orang di
Indonesia

35 juta adalah jumlah yang sangat banyak, artinya Anda bisa menawarkan produk atau jasa Anda kepada mereka melalui
Facebook. Untuk produk kelas dunia bisa di tawarkan pada pengguna Facebook sudah di atas 300 juta orang. Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser.

1.2. Kaskus

Kaskus salah satu website berbasis forum yang sangat banyak penggunanya di Indonesia. Di website ini tersedia berbagai macam
kategori, mulai dari Musik, Film, Bisnis dan sebagainya.Di dalam setiap kategori, Anda bisa membuat topik yang ingin dibahas kepada pengguna kaskus lainnya, yang biasa disebut dengan panggilan kaskuser.Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser: www.kaskus.us.


1.3 Google
Google website yang memiliki pengunjung/pengguna terbanyak di
dunia. Di dalam google, pengunjung bisa menemukan informasi dari
website yang ingin dicari setelah mengetikkan keyword atau kata
kunci yang diinginkan Google Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni). Filosofi Google meliputi slogan, seperti "Don't be evil" dan"Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan",menggambarkan budaya perusahaan yang santai.Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada tanggal 7 September  1998.Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar.Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambilalihan dan mitra, 
perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya. Termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:

1.4 Bing

Bing adalah search engine milik Microsoft yang sangat populer
setelah Google dan Yahoo. Sebelumnya bing bernama Live.com.
Walaupun website Live.com masih aktif, tapi jika Anda menuju
Live.com, akan dibawa ke Bing. Untuk mengunjungi website ini ketik pada browser: www.bing.com.



1.5 Ikanbarismax
Iklanbarismax merupakan website iklan baris yang selalu update
setiap hari. Berisi posting iklan-iklan yang menawarkan produk/jasa.
Di dalamnya terdapat berbagai macam kategori dari Properti, Mobil
hingga Bisnis.Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:

2 .Vendor

Vendor adalah produsen yang memproduksi, membuat, menyediakan produk dan jasa, yang bisa dijual di Internet. Beberapa contoh website Vendor adalah sebagai berikut.


2.1. Amazon

Amazon bergerak dalam bidang penjualan buku secara online.
Setiap hari Amazon mengirimkan buku-bukunya ke seluruh dunia.
Banyak sekali jenis buku yang dijual di Amazon, baik itu novel, buku komputer, bisnis, dan masih banyak lagi. Untuk mengunjungi
website ini, ketik pada browser: www.amazon.com. 


Dermadoctor menjual produk kecantikan yang berfokus pada
kecantikan kulit. Selain itu, memberikan konsultasi gratis kepada
pengunjung website yang dilakukan oleh dokter kulit sungguhan.
Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:
www.dermadoctor.com.


Bhinneka menjual produk komputer dan aksesorisnya. Dari PC,
monitor, printer hingga hard disk. Merupakan salah satu website
vendor komputer yang sukses di Indonesia. Untuk mengunjungi
website ini, ketik pada browser: www.bhinneka.com.



1.3 Affiliate

Affiliate adalah perantara/agen yang membantu penjualan Vendor ke Market. Dari hasil penjualan tersebut, Affiliate memperoleh komisi sekian persen dari harga jual sebuah produk/jasa. Affiliate diberikan web replika yang berisi id/username untuk kepentingan promosi.Contohnya: Anda promosi produk/jasa dari website:
www.Zxc123.com, nanti Anda dapat web replika:
www.Zxc123.com?id=UsernameAnda. Setiap ada yang membeli
lewat www.Zxc123.com?id=UsernameAnda, Anda dapat komisi.
Banyak website yang menjembatani antara Affiliate dengan Vendor.
Beberapa contoh website yang bergerak dalam bidang tersebut
adalah sebagai berikut.


Clickbank memiliki banyak daftar ebook/software dari Vendor yang
bisa Affiliate jual ke Market, dan mendapatkan komisi dari setiap
penjualan (ebook adalah buku elektronik berformat pdf yang bisa
dibaca lewat komputer).Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:www.clickbank.com.



Tidak jauh beda dengan Clickbank. Paydotcom juga menjual ebook/
software dengan harga yang biasanya lebih murah ketimbang
Clickbank. Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:
www.paydotcom.com.


Neverblue adalah CPA network yang saat ini paling banyak digunakan Affiliate untuk mempromosikan ebook/software. CPA adalah Cost Per Action di mana setiap Affiliate bisa dibayar walaupun prospek hanya mengisi form email saja tanpa harus membeli apa pun.Untuk mengunjungi website, ini ketik pada browser: www.neverblue.com.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan Anda! My solusi
bisnis blog merupakan sebuah blog dofollow. Bila Anda seorang blogger, maka dengan berkomentar di My Solusi Bisnis Anda akan secara otomatis memperoleh back link cuma-cuma, yang akan membantu Anda dalam meningkatkan pagerank blog Anda.Namun sangat diharapkan komentarnya merupakan hal positif yang dapat membangun dan memahami etika yang ada. thanks.